Kuat, Mudah Perawatan, Dampak Lingkungan Rendah



Papan bambu kuat, bergaya dan salah satu papan lantai yang paling berkelanjutan tersedia di pasaran. Tidak heran suatu saat popularitasnya akan meningkat. Inilah produk yang tepat bagi bangunan Anda.

Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Papan Bambu.

Meskipun bambu masih relatif baru di pasar konstruksi belahan bumi sebelah barat, namun bambu adalah salah satu bahan bangunan tertua yang dikenal manusia. Bambu banyak digunakan di Asia Timur dan Pasifik Selatan untuk membangun pagar, rumah, furnitur, untuk perancah, bahkan telah dikenal untuk menahan jembatan suspensi.
Bambu adalah Bahan Hijau yang Ideal
Bambu terlihat seperti kayu, sebenarnya bambu merupakan tanaman rumput yang tumbuh sangat cepat, sehingga di antara tanaman yang tumbuh paling cepat di dunia. Bahkan, Situs Bambu mengatakan tanaman bambu tumbuh begitu cepat sehingga matang untuk dipanen di sekitar empat tahun. Sedangkan spesies kayu memakan waktu sekitar 60 sampai 70 tahun untuk mencapai umur panen.  

Pertumbuhan yang cepat hanya salah satu alasan bambu menjadi salah satu kesayangan masyarakat green building. Menurut EBF, satu hektar tanaman bambu menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer dan menghasilkan 35% lebih banyak oksigen dalam setahun dibandingkan hutan pohon kayu keras dengan ukuran yang sama. Bambu juga tidak memerlukan pestisida atau herbisida, dan terpisah dari curah hujan alami, bambu hanya membutuhkan sejumlah kecil irigasi untuk membantu tumbuh. 

Jika Anda membeli papan bambu karena alasan lingkungan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

Di mana bambu ditanam?
Sementara bambu merupakan bahan alami yang terbuat dari sumber daya yang sangat terbarukan, ada beberapa kekhawatiran bahwa hutan kayu ditebang dan diganti dengan tanaman bambu untuk tujuan komersial. Kami mendapat bambu dari hutan bambu yang dikelola secara hati-hati oleh petani lokal dan bambu ditanam di ladang tandus bekas reklamasi.

Bagaimana bambu diproses?
Beberapa produsen papan bambu telah dikritik karena jumlah emisi karbon yang mereka hasilkan. Memang, jarak transportasi yang panjang dapat meningkatkan emisi karbon, apalagi jika pabrik menggunakan batubara untuk bahan bakar panas dalam proses produksi. Itulah sebabnya mengapa dalam merancang pabrik papan bambu kami, proses produksi dan finishing berada di dekat tempat bambu tumbuh. Perusahaan kami tidak menggunakan batubara sebagai bahan bakar. Sebaliknya, kami menggunakan limbah dari pabrik.

Lantai Built to Last

Di Janka skala kekerasan yang mengukur kekerasan dari berbagai jenis kayu alam dan dikarbonisasikan, tanaman bambu berada pada skala tengah, dengan penilaian dari 1380 dan 1180, masing-masing. Dengan kata lain, tanaman bambu memiliki kekuatan mirip kayu Ek dan Ash. Papan bambu strand woven yang dihasilkan oleh perusahaan kami, berada pada skala dengan rating 3000. 

Papan bambu strand woven yang terbuat dari serat bambu disatukan dengan perekat dan dikompresi menggunakan panas dan tekanan. Blok ini kemudian dipotong ke dalam papan padat keras dan diampelas sehingga pemberian warna dan atau finishing dapat diterapkan. Papan bambu strand woven menampilkan alur mengalir pola gandum organik mirip dengan kayu dan bahkan sangat mirip pada kenyataannya, sehingga kebanyakan orang salah mengira.

Karena konstruksi, papan bambu lebih stabil daripada lantai kayu tradisional, yang berarti tidak akan menyusut, membengkak dan warp sebanyak kayu bila terkena panas, kelembaban atau kelembaban. Disamping itu papan bambu juga tahan terhadap pewarnaan.

Papan bambu relatif lebih mudah dalam pemeliharaan, Anda hanya perlu menyapu atau vakum secara teratur untuk menghilangkan kotoran partikel kecil. Anda bisa juga sesekali melakukan pel basah, atau membersihkannya dengan non lilin, non-alkali, kayu atau lantai bambu pembersih.

Ada yang mengatakan, hampir tidak mungkin untuk tetap sempurna jika digunakan secara teratur. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan goresan jahat di permukaan papan bambu. Seperti sepatu hak tinggi, cakar hewan peliharaan, dan kaki furnitur semua dapat merusak permukaan. grit kecil dan partikel kecil dari pasir atau kotoran juga akan menyebabkan goresan pada papan bambu dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya produk kami menggunakan 10 lapisan cat inhibitor UV. Tidak hanya akan melindungi lantai dari kerusakan fisik seperti goresan, juga akan memastikan warna bertahan lebih lama bahkan di bawah sinar matahari.
Serbaguna dan Stylish Flooring
Papan bambu memiliki penampilan mirip dengan kayu dan tersedia dalam berbagai gaya dan warna. Papan bambu adalah antialergi, menawarkan non-slip dan anti-statis, dan tahan terhadap serangga. Aplikasi papan bambu bisa digunakan dimana saja, mulai dari ruang rapat, kamar tidur, ruang makan, kafe, kitchen set dan lain-lain, sesuai imajinasi Anda.